Gol Tunggal Motta Kokohkan Italia di Puncak Grup C

Sabtu, 26 Maret 2011
Gol dari Thiago Motta menyudahi perlawanan Slovenia dalam laga lanjutan kualifikasi Euro 2012, Sabtu (26/3) dini hari WIB. Dengan hasil ini, La Nazionale kokoh di klasemen sementara grup C dengan raihan 13 angka dari lima laga.

Kemenangan atas Slovenia di laga lanjutan babak kualifikasi Euro 2012, Sabtu (26/3) dini hari WIB, membawa Italia mampu unggul selisih enam gol dengan peringkat kedua, Slovenia, di klasemen sementara grup C babak kualifikasi Euro 2012. Namun, kemenangan itu mesti menunggu ketika laga tinggal menyisakan 17 menit.

Publik Italia patut berterimakasih pada gelandang Inter Milan, Thiago Motta. Pasalnya, Motta-lah yang memecah kebuntuang sekaligus mencetak gol kemenangan Gli Azzurri dalam laga yang digelar di Stadion Stozice, Ljubljana, tersebut.

Mengawali laga, Cesare Prandelli mempercayakan lini serang Italia pada duet Antonio Cassano dan Giampaolo Pazzini. Sedangkan, Zlatko Dedic dan Milivoje Novakovic menjadi tandem dari andalan tim tuan rumah untuk bisa merobek gawang Gianluigi Buffon.

Menghadapi juara dunia empat kali, Slovenia tidak gugup dan terus melancarkan serangan ke jantung pertahanan tim tamu. Serangkaian tendangan penjuru didapatkan oleh tim asuhan Matjaz Kek itu di awal babak pertama. Namun, Italia tinggal diam, Stefano Mauri dan Alberto Aquilani tampil maksimal setelah mampu mengalirkan bola dengan sangat baik ke duet penyerang Italia. Namun, Pazzini, yang beberapa kali mendapatkan kesempatan, tidak mampu memaksimalkan peluang tersebut.

Tim tuan rumah mampu mengancam gawang Gianluigi Buffon lewat sebuah tendangan yang dilepaskan oleh Robert Koren dari jarak kurang lebih 25 meter. Tapi, Buffon, yang tampil apik sepanjang laga, terbukti masih tangguh di bawah gawang Italia. Paruh pertama ditutup tanpa ada gol yang tercipta.

Memasuki babak kedua, kiper Slovenia, Samir Handanovic, dipaksa bekerja keras setelah menghalau tendangan dari Stefano Mauri. Pun dengan Buffon, kiper Juventus itu mampu menghalau tendangan kaki kanan yang dilepaskan oleh pemain pengganti, Zlatan Ljubljankic.

Akhirnya, Thiago Motta mampu membuat pendukung Italia bersorak. Melakukan kombinasi operan dengan Frederico Balzaretti, Motta mampu merangsek masuk ke kotak penalti Slovenia. Tanpa ragu, gelandang Inter Milan itu melepaskan tendangan ke arah kanan bawah gawang Slovenia, tanpa bisa dihalau Handanovic. Gol itupun menjadi gol pertama Motta untuk timnas Italia.

Pada laga berikutnya, Italia akan berhadapan dengan Estonia di Stadion Ennio Tardini, awal Juni nanti. Jika mampu meraih dua atau tiga kemenangan di laga-laga selanjutnya, La Nazionale berpeluang besar untuk bisa berlaga di Euro 2012.

*****
Susunan Pemain:

Slovenia: Samir Handanovic; Bostjan Cesar, Miso Brecko (69'Sinisa Andjelkovic), Marko Suler, Bojan Jokic; Aleksandar Radosavljevic, Robert Koren, Valter Birsa (74'Josip Ilicic), Andraz Kirm; Zlatko Dedic (56'Zlatan Ljubijankic), Milivoje Novakovic.

Pemain cadangan: Jasmin Handanovic, Matej Mavric, Sinisa Andjelkovic, Goran Sukalo, Armin Bacinovic, Josip Ilicic, Zlatan Ljubijankic.

Italia: Gianluigi Buffon; Federico Balzaretti, Giorgio Chiellini, Cristian Maggio, Leonardo Bonucci; Alberto Aquilani, Thiago Motta, Stefano Mauri (63'Antonio Nocerino), Riccardo Montolivo (87'Claudio Marchisio); Antonio Cassano (74'Giuseppe Rossi), Giampaolo Pazzini.

Pemain cadangan: Emiliano Viviano, Daniele Gastaldello, Domenico Criscito, Antonio Nocerino, Claudio Marchisio, Alberto Gilardino, Giuseppe Rossi.

0 komentar:

Posting Komentar